Senin, 15 Maret 2010

Cara Memasang Widget Blogspot

Cara Memasang Widget Blogspot
Cara Memasang Widget Blogspot

Memasang widget blogspot sama mudahnya dengan membuat blog blogspot, hanya butuh beberapa menit semuanya bisa dilakukan dengan mudah. Apa gunanya widget? widget biasanya digunakan untuk memperindah tampilan blog kita dan memudahkan pengunjung blog kita untuk menelusuri apa saja yang ada di blog kita.
Bagaimana memasang widget? untuk memasang widget di blogspot, klik Tata Letak setelah kita login di blogspot.com. Kemudian klik tab Elemen Laman. Setelah itu klik Tambah Gadget yang berada di sebelah kanan atau kiri Posting Blog.
Diantara plugin dasar yang biasanya dipakai di blog antara lain;

1. Recent Post. Widget yang digunakan untuk menampilkan posting atau tulisan yang baru saja kita buat di blog kita sehingga para pengguna dapat dengan mudah melihat tulisan-tulisan kita yang terbaru.
Untuk memasang Widget Recent Post;
a. Klik Tambah Gadget, untuk menambahkan widget di blogspot.
Cara Memasang Widget Blogspot
b. kemudian pilih Unggulan dan geser kursor kebawah untuk mencari Recent Post.
Cara Memasang Widget Blogspot
c. Setelah ketemu klik tombol + (plus) maka keluar gambar dibawah ini.
Cara Memasang Widget Blogspot

Jika ingin mengnubah judul Recent Post dengan Tulisan Terbaru misalnya, hanya tinggal mengganti judulnya aja. Jika selesai klik Simpan dan Selesai. Cara yang sama juga bisa digunakan untuk memasang widget yang lain.

2. Recent Comments. Recent Comments adalah widget yang digunakan untuk menampilkan setiap komentar yang ditulis pengunjung di blog kita. Sehingga komentar-komentar dapat terkumpul di bagian samping blog kita.


3. Label. Widget ini sangat penting digunakan untuk memberikan kategori postingan kita sehingga tulisan kita dapat terkelompokkan berdasarkan kategorinya masing-masing. Sehingga pengunjung dapat dengan mudah menemukan tulisan kita berdasarkan kategorinya masing-masing.

4. Java Script. Widget ini digunakan untuk memasang badge. Biasa jika kita bergabung menjadi anggota blog direktori maka kita harus memasang badge dari blog direktori tersebut sebagai konsekuensinya blog kita terpasang disana.

Memasang widget juga perlu dipertimbangkan karena semakin banyak widget akan mempengaruhi kecepatan proses tampil blog kita saat dilihat pengunjung. Tentunya kita harus pandai dalam memilih setiap widget yang akan kita tambahkan di blog kita.

Selamat berkreasi!!






IdaQurotulS

tips ngeblog tim

3 komentar:

 

Copyright @ 2013 Tips ngeBlog.